13 Strategi BERJUALAN ONLINE di Instagram Sampai Sukses

berjualan instagram


Tidak bisa dipungkiri lagi masyarakat Indonesia sangat lah konsumtif, terlebih lagi saat ini Indonesia menjadi raja sosial media, coba aja siapa yang paling banyak menggunakan facebook, twitter, instagram? pasti ada Indonesia.

Tidak hanya sekedar sebagai media sosial pada umunya, masyarakat Indonesia sangat kreatif memanfaatkan kesempatan (Creative industries), salah satu contoh kasus untuk media sosial instagram, tempat dimana anda berbagi foto keteman-teman, dimanfaatkan menjadikan tempat berjualan online, kreatif bukan.

Walapun beberapa orang luar negeri sana juga menggunakan instagram sebagai tempat penjualan karya fotografi.

Di Indonesia banyak online shop yang memanfaatkan instagram untuk berjualan berbagai macam barang, bisa itu baju, tas, kerudung, oleh-oleh dll, yang biasa dijual di toko fisik pun kini menjadi dijual di online

Sudah banyak penjual olshop yang berhasil menjual barang bahkan sampai laris manis, hal ini difaktori penjual tersebut sudah mempunyai strategi menjual di instagram.

Nah untuk anda yang baru atau sedang menjalankan online shop di instagram sebaiknya pelajari strategi berikut ini untuk berjualan di instagram.

Bagaimana pembeli bisa menemukan akun olshop instagram kamu?

Ada 5 point calon pembeli bisa menemukan akun olshop kamu yaitu dari

1. Si pembeli sudah tau akun kamu
2. Related like (Explore)
3. Keyword dari nama akun instagram mu
4. Hastag yang kamu gunakan
5. Endorsment

1. Buat Akun instagram dengan nama brand produk kamu

Jika ingin berjualan online sebaiknya tidak menggunakan akun instagram kamu sehari-hari.

Buatlah akun baru instagram yang berfokus kepada produk yang kamu jual.

Pemilihan nama akun olshop instagram kamu juga penting..

Nama dari akun kamu akan menjadi keyword (kata kunci) ketika seseorang mencari produk di pencarian instagram.

Tetapi Hal ini akan berbanding terbalik dengan profesionalitas nama akun olshop instagram kamu

Sebagai contoh:

Akun A hanya menggunakan nama brand. misal, Vinyl Distro

Akun B menggunakan nama yang dijadikan keyword (kata kunci). misal, Jual baju distro murah

Dari kedua contoh diatas, mana nama yang lebih terlihat profesional?

Tentunya yang akun A.

2. Berikan informasi yang jelas mengenai produk kamu

Informasi yang disajikan olshop instagram kamu akan memberi kemudahan calon pembeli mengamati dan mencermati produk olshop mu.

setiap informasi yang disediakan pada pada caption foto akan sangat berpengaruh..

misal, harga barang...

Faktanya setiap calon pembeli akan membandingkan harga barang yang dijual disini dan yang dijual disana, dengan adanya informasi harga barang maka akan memudahkan calon pembeli mencermati produk kamu

Apa saja informasi yang harus disajikan?

A. informasi di bio berisi: kontak, jenis bank yang digunakan, website (jika ada)

B. informasi di setiap foto berisi: harga barang, deskripsi singkat barang, cara pemesanan

3. Respon cepat dan sabar menanggapi pertanyaan

Karena pada dasarnya pembeli adalah raja...

jadi tugas kamu sebagai penjual adalah melayani dengan baik calon pembeli

jawab pertanyaan-pertanyaan pembeli sampai tidak ada yang ditanyakan lagi.

karena kepuasan pembeli adalah kepuasan penjual juga.

Jika kamu ramah menanggapi pembeli, sangat besar kemungkinan calon pembeli akan senang dengan memberikan testimoni

bahkan bisa merekomendasikan ke teman-teman terdekatnya

4. Beritahu produk kamu ke facebook dan twitter

Walaupun banyak orang yang belum menggunakan instagram (karena keterbatasan handphone yang digunakan) tetapi dapat dipastikan orang yang tidak punya instagram pasti punya akun facebook dan twitter.

dari jejaring sosial ini kamu memiliki kesempatan mengenalkan produkmu, produk yang kamu share dimedia sosial facebook atau twitter ini tetap bisa dibuka melalui browser(jika orang yang membuka tidak punya instagram)

Memanfaatkan media sosial tetangga juga menjadi langkah ampuh mengenalkan dan mempromosikan akun olshop instagram kamu.

koneksikan akun instagram mu dengan twitter dan facebook untuk memberi tahu setiap kamu meng-upload foto baru di olshop instagram mu. Gunakan fitur otomatis share ke facebook dan twitter

5. Sepi Pembeli? adakan diskon bersyarat

Diskon adalah salah satu hal menarik pembeli yang laper mata

kebanyakan pembeli yang melihat diskon tidak akan mikir teralu panjang untuk membeli.

Walaupun barang yang dibeli tidak terlalu dibutuhkan, karna kapan lagi bisa dapet diskon.

Statistik menunjukan kebanyakan pengguna media sosial seperti, facebook, twitter dan juga instagram, memfollow salah satu brand untuk:

13 Strategi BERJUALAN ONLINE di Instagram


dengan statistik diatas kamu bisa mengadakan penawaran menarik yang bersyarat

contoh seperti, 'Beli 1 baju 50rb, beli 2 baju 80rb'

Kemungkinan besar calon pembeli akan membeli 2 baju.

contoh lain 'beli 2 kerudung gratis 1'

Ibaratkan kamu melihat penawaran kerudung tersebut, lebih baik beli 1 kerudung saja atau beli 2 gratis 1? yap jawabanya beli 2 dan dapat gratis 1

6. Perbanyak follower intagram kamu?

Perbanyak follower kamu, bisa menggunakan jasa paid promote, ataupun beli follower

ingat jika ingin beli follower pastikan yang murni akun orang yang aktif, bukan bot ataupun akun fiktif,

keuntungan dari banyak follower ini yakni selain bisa jadi calon pembeli, juga untuk memperoleh 'like' lebih banyak

Apa manfaatnya dari banyak like? 

foto produk kamu akan tersebar ke related like (explore)

jadi setiap kamu mendapat like dari salah satu follower, foto produk kamu akan tersebar keteman follower tadi di explorenya

7. Gunakan foto unik menarik sebagai pemancing

Karena pada dasarnya instagram berupa media sosial berbasis berbagi foto & dan video

otomatis produk olshop yang kamu tawarkan akan berbentuk foto atau video

bentuk visual ini punya pengaruh yang tinggi terhadap minat pembeli terhadap foto yang kamu upload, tidak main asal foto saja, kreasikan foto produk kamu semenarik mungkin.

A. Sebisa mungkin gunakan foto asli

buat foto yang jelas dan fokus (tidak blur)

tidak main comot dari google...

gunakan benda-benda unik sebagai penambah estetika, seperti bunga dll

berjualan di instagram


Dari kedua contoh diatas mana foto produk yang lebih menarik? yap yang contoh A.

foto menarik lebih mudah mendapat banyak like, dan terlihat sangat menjanjikan.

B. Hindari filter bawaan instagram

Foto dengan bawaan filter instagram tidak terlalu efektif mendapat like..

grafik dibawah menunjukan foto tanpa filter atau 'normal' mendapat like lebih banyak


berjualan instagram

8. Jangan malu untuk minta testimoni pembeli

Testimoni itu merupakan feedback kepuasan si pembeli

testimoni bisa menaikan tingkat kepercayaan dan penasaran calon-calon pembeli olshop instagram mu

testimoni hanya bisa didapatkan jika pembeli merasa puas atau senang

Bagaimana mendapatkan testimoni dari pembeli?

ada beberapa hal yang membuat pembeli produk anda puas yakni

A. packing aman dan rapih, selalu gunakan bubble wrap untuk melindungi

B. barang sama dengan yang dideskripsikan

C. respon cepat dan ramah

jika kamu sudah memenuhi kriteria diatas, jangan malu untuk meminta testimoni pembeli. kemudian upload, testimoni ini akan menaikan tingkat kepercayaan olshop instagram mu

Kadang pembeli yang merasa puas akan langsung memberi testimoni tanpa diminta.

9. komen promosi di akun artis atau orang terkenal  yang banyak followersnya

Ini yang paling sering saya liat kalau ada foto artis, memang boleh boleh saja mempromosikan produk kamu di komentar instagram, kemungkinan si fans dari yang ini ingin berkomentar dan kemudian mmelihat promosi yang menarik, si fans ini mungkin akan melihat lihat akun olshop instagram kamu.

Ingat loh jika kamu terlalu sering promosi dengan cara berkomentar di foto artis, kamu bisa dianggap spam oleh instagram, gunakan seperlunya saja jangan spam

oiya jangan gunakan promosi yang mengatas namakan foto si artis tersebut

contoh, bagus banget dokter kecantikan @dokter  rekomendasi dari @akun_artis cuman dalam sebulan kulit wajah langsung cerah kencang

banyak yang menggunakan cara ini, kalau ketahuan si artis pemilik akun, bisa bisa akun olshop kamu di report

Promosi yang natural aja, buat kata-kata semenarik mungkin

10. Gunakan hashtag tepat sasaran dan tertarget

Menggunakan hastag yang tepat akan memudahkan calon pembeli menemukan produk kamu

jika nama akun kamu tidak terdiri dari keyword (kata kunci) sekalipun, produk kamu masih bisa ditemukan ketika calon pembeli mencari dan mengklik hashtag yang dimaksud

jika hashtag yang digunakan memiliki persaingan tinggi (contoh, #jualbaju dll), disini foto yang menarik dan unik kemungkinan besar dilihat oleh sang calon pembeli

11. Kerja sama dengan akun olshop lain

Maksud kerja sama antara olshop ini adalah saling mengiklankan produk di masing masing olshop

singkatnya tukeran iklan di olshop

kerja sama antara olshop ini diharuskan berbeda produk tetapi memiliki keterkaitan antara dua produk tersebut.

misal contoh, olshop A jualan produk baju, olshop B jualan celana, ini saling berkaitan karena orang yang beli baju juga ingin beli celana, dan sebaliknya,

jangan gunakan kerjasama ini sama ini jika olshop kamu menjual produk yang sama, kemungkinan tidak akan mau.

12. Ingin mempromosikan akun kamu? gunakan jasa Paid promote

Hampir mirip dengan jual follower, bedanya akun olshop instagram yang di paid promote di akun instagram yang populer, akan mendapatkan follower murni manusia yang penasaran ataupun tertarik. biasanya akun instagram yang menyediakan jasa paid promote ini punya follower banyak yang murni orang.

13. ingin produk kamu terkenal? gunakan jasa Endorse

Mungkin kamu sudah sering denger kata endorse atau kadang suka liat komentar yang berbunyi, 'boleh endorse kak','mau endorse boleh'.

sebenernya endorse itu apasih?

endorse itu salah satu cara meng-iklan kan produk kamu di akun instagram artis atau orang terkenal

cara kerjanya gini, setelah si akun artis/orang terkenal ini nerima tawaran endorse, si olshop akan ngirim produknya secara gratis ke artis atau orang terkenal, kemudian si artis/orang terkenal ini promosiin produknya dengan cara foto dengan produk tersebut

masih belum mengerti? gini contoh sederhana, misalkan kamu itu artis terkenal dan ada olshop yang mau minta endorse-in produknya ke kamu, si olshop ini rela kirim produknya gratis ke ke kamu dengan imbalan dipromosiin di akun artisnya.

Tetapi banyak pula artis atau orang terkenal yang sudah memasang tarif  untuk endorse.


Dari ke 13 strageti diatas bisa kamu sesuaikan sendiri dengan produk yang kamu jual.


Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat, jangan lupa like & share.

Komentar

Postingan Populer